PSB Online 2008…(Antara Kemudahan Dan Kendala)

PSB Online Atau Penerimaan Siswa Baru Online adalah sebuah program penerimaan siswa baru yang berbasis IT, Menggunakan sistem data base yang menyimpan data semua pendaftar dan langsung menempatkan pendaftar tersebut pada sekolah yang di daftar sesuai dengan jumlah rata nilai yang di miliki siswa pendaftar tersebut.

Secara garis besar, Sistem ini sangat bagus dan juga sangat efektif. Tujuannya adalah menghilangkan praktek KKN dan Pencaloan yang sering terjadi pada penerimaan siswa di sekolah2 negeri. Dengan sistem yg bersifat lansung dan menggunakan mekanisme komputer, tentunya tidak mungkin terjadi praktik2 KKN dan Pencaloan tersebut.dan juga mempermudah masyarakat dalam melakukan PSB, Para pendaftar tidak perlu lagi mengantri sekian lama untuk mendaftar,tapi cukup dengan meminta formulir dan menyerahkannya pada petugas d tempat pendaftaran, hal ini juga bisa dilakukan di warung2 internet yang telah di fasilitasi sistem PSB Online oleh Dinas Pendidikan Kota Padang. Tercatat ada 34 Warnet yang telah tergabung dalam PSB online.

Namun,Pada penerapannya yang sudah berlangsung 2 tahun ini,masih saja terdapat kendala. Kendalanya bukan pada masalah praktek KKN ato segala macam,namun lebih kepada kendala teknis, seperti: Masyarakat tidak yakin akan adanya sistem seperti ini, buktinya bisa kita lihat pada PSB online 2008 yang berlangsung pada 2-6 juli 2008, Masih banyak Terlihat para pendaftar beserta orang tuanya, rela berantrian d sekolah sekian jam untuk mendapatkan selembar formulir, padahal di sebelah sekolah tersebut ada warnet yg dapat melakukan PSB secara Online, Ketika ditanya, mereka mengaku tidak percaya hal ini bisa dilakukan di warnet.

Bahkan, Sebuah sumber menyebutkan, PEMKO padang telah menyediakan Mobil operasional PSB online yang selalu berkeliling ke daerah2 terpencil di kota padang, dan menerima PSB secara langsung. Namun hanya beberapa orang saja yang mendaftar di Mobil Operasional tersebut, yang lain masih rela berdesak2an melakukan Antrian. Sangat Memprihatinkan…..

Apakah Kejadian ini menunjukkan bahwa masyarakat kota Padang sangat awam dengan teknologi dan cenderung secara umum berpendidikan rendah???

Padahal kita seharusnya berbangga, Karena Kota padang merupakan satu2nya kota di Sumatera yang melakukan PSB secara online.

Jawabannya, Tentu saja ada pada sosialisainya, pastinya jauh sebelum dilakukan Program PSB online, tidak dilakukan sosialisasi secara maksimal dan menyeluruh. Sehingga sebagian besar masyarakat mengungkapkan Mosi Tidak Percaya.

Harapan Saya, Semoga PSB Online kedepannya bisa berjalan semakin lancar. dan Padang Bisa menjadi kota berbasis IT di indonesia.

Jika PSB nya Sudah Online, bagaimana dengan Ujian Nasional Dan Semester???Bisakah dilakukan secara Online?? Bisa saja, dan saya sangat mengharapkan hal itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: