Milis JardikNas Dari TKJ Bukittinggi..Ada apa Yaa??

Sepenggal pengetahuan saya tentang Jardiknas serta tujuan program
PJJ D3TKJ:
1)Jejaring Pendidikan Nasional adalah Wide Area Network (WAN) yang
menghubungkan seluruh kantor Dinas Pendidikan propinsi,
kabupaten/kota, sekolah-sekolah dan perguruan tinggi yang ada di
Indonesia.
2)Usaha perluasan koneksi Jardiknas pada tahun 2007 ditargetkan
mencapai sekolah-sekolah yang ada di seluruh kabupaten/kota se
Indonesia.
3)Tujuan PJJ D3TKJ adalah untuk mendidik teknisi komputer dan
jaringan yang akan merawat Jardiknas itu sendiri agar tetap
terkoneksi dengan baik.
4)Mahasiswa D3TKJ yang biaya pendidikannya disubsidi 100% oleh
Jardiknas (beasiswa) diwajibkan melaksanakan magang di sekolah-
sekolah atau Dinas Pendidikan pada kabupaten/kota masing-masing
selama 5 tahun (2 tahun dalam masa pendidikan dan 3 tahun setelah
menyelesaikan pendidikan) sebagai Teknisi Jardiknas.
Dari point 3 dan 4 saya berkesimpulan bahwa keberadaan Jardiknas di
setiap sekolah tempat magang mutlak diperlukan. Namun ironisnya,
sampai saat ini, hingga berakhirnya semester 2 PJJ D3TKJ 2007, belum
ada usaha apapun yang dilakukan oleh pihak terkait (Dinas Pendidikan
dan ICT Center) untuk mencapai target perluasan koneksi Jardiknas
yang dimaksud. Setidaknya saya berbicara tentang Kota Bukittinggi,
lebih tepatnya sekolah tempat saya magang, MTsN 1 Bukittinggi yang
belum tersentuh informasi apapun tentang tujuan Jardiknas dan
program magang D3TKJ dari pihak yang bertanggung jawab.
Permasalahan ini sudah pernah saya sampaikan ke koordinator ICT
Center Kota Bukittinggi, namun tidak mendapat jawaban yang
memuaskan. Terakhir saya menulis di milis tentang “Sosialisasi
Jardiknas di Kota Bukittinggi yang tidak melibatkan madrasah”
(posted: 24 April 2008). Namun, hasilnya juga nihil, bahkan email
yang saya posting sama sekali tidak mendapat tanggapan apa-apa dari
Bapak Pendamping Perencanaan.
Kali ini saya ingin bertanya kepada siapa saja yang berkenan
menjawab tiga tanda tanya besar berikut ini:
1)Apakah Jardiknas memang hanya diprioritaskan untuk sekolah yang
berada di bawah Dinas Pendidikan? Kalau memang demikian, mengapa ICT
Center memberi saya izin untuk magang di madrasah yang secara
hierarki berada di bawah DEPAG?
2)Apakah saya dan mungkin juga mahasiswa yang lainnya yang mengalami
permasalahan yang sama, hanya akan berperan sebagai “Juru Ketik”
selama 5 tahun di sekolah tempat magang? Mengingat koneksi Jardiknas
itu sendiri nampaknya hanya sekedar angan-angan belaka, karena belum
tersosialisasi dengan optimal.
3)Bagaimana masa depan mahasiswa D3TKJ setelah menjalani kegiatan
magang selama 5 tahun ini? Mengingat Ijazah D3TKJ yang telah berumur
3 tahun saat berkhirnya masa magang, serta sertifikasi- sertifikasi
yang akan habis masa berlakunya dalam 3 tahun.
Sebagai seorang hamba Allah yang tidak terlepas dari kekhilafan,
saya memohon maaf atas tulisan saya ini yang sedikit mengkritik
kinerja Jardiknas serta pihak yang terkait.
Terakhir ucapan terima kasih bagi siapa pun yang berkenan membaca
dan menanggapi email ini.
Salam Hormat,
INDRA SENTOSA

Nah Email diatas saya dapatkan dari mlis jardiknas sumbar yang dikirim langsung dari email salah s eorang mahasiswa TKJ Kota Bukittinggi. Saya kaget ketika malam ini membuka Mailbox saya, dan saya menemukan sebuah milis dengan judul “Review Tujuan PJJ D3 TKJ”.

Sebenarnya masalah yang dihadapi saudara indra tersebut sangat umum dan sangat lazim saya temukan di padang(meskipun ini terjadi di bukittinggi), Namun satu hal yang membuat saya tertarik, ternyata anggapan saya selama ini benar adanya, adanya kekurangan pada kinerja pengawasan jardiknas d daerah khususnya masalah Teknisi Dapodik dan tugasnya sebagai seorang teknisi.

Memang di daerah2 belum ada kejelasan atau pengeluaran surat tugas dari ICT dan dinas pendidikan yang menjelaskan hak dan kewajiban dari mahasiswa TKJ selama perkulihan offline(Magang). namun d kota padang, kejelasan itu sudah ada sejak beberapa bulan lalu, itu membuktikan bahwa kurangnya pengawasan dari pihak ICT dan Dinas pendidikan daerah masing. dan saya berpendapat, mereka hanya memanfaatkan tenaga kami sebagai mahasiswa tanpa memikirkan hak yang harus kami dapatkan, kenapa?? karena mereka berdiri dibalik pemberian beasiswa kepada mahasiswa. Mereka tidak pernah memikirkan nasib kami sebagai mahasiswa yang sebahagian besar salah profesi menjadi ” Juru Ketik “, dan tentunya itu sangat berpengaruh terhadap kemampuan yang kami miliki. jika hal yang kami dapatkan tidak kami prektekkan di tempat magang karena alasan sibuk menjadi juru ketik, tentunya apa yang kami pelajari selama 3 tahun itu tidak akan berfungsi secara maksimal.

Saya sangat mengharapkan perhatian dari pihak2 terkait mengenai masalah ini. Jangan hanya jadikan kami sebagai budak di balik beasiswa yang diberikan pemerintah pusat kepada kami. Semoga kedepannya pihak2 terkait bisa meninjau ulang masalah ini, agar lebih diperhatikan lagi prosedur kerjanya.

kami mohon jangan tekan kami lebih berat, di tambah lagy dengan pemotongan beasiswa bagi kami yang tidak mencapai syarat nilai yang ditentukan

3 Responses to “Milis JardikNas Dari TKJ Bukittinggi..Ada apa Yaa??”

  1. Catra Says:

    asyik joe, dapat beasiswa… (walau dengan potongan)

    *sabar joe, semangat aja*

  2. Indra TKJ Says:

    Wah..
    Thanx y fren!
    Satu2nya member yg nanggapin email saya..
    Ternyata milis Jardiknas ga benar2 fakum..
    Setidaknya masih ad “alaftha fadlee” yg membaca postingan email dsna..
    Hmm..
    Kalau saja Para pengelola Jardiknas memahami berbagai ketidak beresan yg terjadi di daerah, pasti tujuan Jardiknas akan cepat tercapai, dan nasib Teknisi Dapodik (bukan juru ketik) jg bakalan jelas kemana arahnya..
    Bahkan “Surat Tugas” yg sdr.Fadli mksd, udah ada sejak awal keg magang di BKT..
    Tapi, yah.. Ga da artinya.. Hanya sekedar formalitas yg ga jelas arahannya..
    Ohya.. Blognya bagus.. Web yg atunya lg jg sering saya kunjungi..

  3. kuerk Says:

    huh !
    D3TKJ just failure programmed by Diknas… napa engga’ ?
    liat aja, coba searching google trus masukin D3TKJ. pasti yang muncul cuma permasalahan aja !
    kyk ny udah bosen mentioned satu2 permasalahan ny, soalnya udah pada tau.
    solusi ny skrng kyk ny enjoying aja, ato drdp bikin2 pusing mending STOPPED aja !
    udah… maklum aja,


Leave a Reply

