Antara Etika dan Etiket

Perbedaan Etiket dan Etika
1. Etiket menyangkut cara atau tingkah laku sehari-hari. Etiket menunjukkan bagaimana cara yang dalam melakukan pergaulan sehari-hari dan bisa menempatkan diri. Etika tidak terbatas pada cara melakukan sebuah perbuatan, etika memberi norma tentang perbuatan itu sendiri. Etika menyangkut masalah apakah sebuah perbuatan boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan.

2. Etiket hanya berlaku untuk pergaulan sehari-hari.
Etika selalu berlaku walaupun tidak ada orang lain.

3. Etiket bersifat relatif. Yang dianggap tidak sopan dalam sebuah kebudayaan, dapat saja dianggap sopan dalam kebudayaan lain. Etika jauh lebih absolut. Perintah seperti “jangan berbohong”merupakan prinsip etika yang mengadung unsur keharusan.

4. Etiket hanya memadang manusia dari segi lahiriah saja sedangkan etika memandang manusia dari Kejiwaan. Penipu misalnya sopan, mulutnya manis, memegang etiket namun tetap saja penipu. Orang dapat memegang etiket namun munafik sebaliknya seseorang yang berpegang pada etika tidak mungkin munafik karena seandainya dia munafik maka dia tidak bersikap etis. Orang yang bersikap etis adalah orang yang sungguh-sungguh bersikap baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: