Kejahatan Cyber

stop-cyber-crime

Pada bulan september tahun 2001 amerika serikat mengalami serangan teroris terbesar sepanjang sejarah. Hal ini menyebabkan banyak agenh pemerintah yang memperbaiki prosedur keamanan mereka. hal ini juga mempengaruhi pandangan tujuan dari teroris untuk mencapai tujuan mereka termasuk terorisme di dunia terorisme cyber. Terorisme cyber dapat digambarkan sebagai suatu serangan dengan tujuan tertentu pada dunia cyber. Ancaman dari serangan ini menyebabkan banyak dari para profesional komputer memperbaiki keamanan mereka. Hal ini juga menyebabkan banyak siswa yng belajar menggunakan komputer yang terkait dengan masalah keamanannya (security). Perang di dunia maya (Cyber warfare) adalah salah satu bentuk gambaran dari bentuk pertahanan dan serangan terhadap informasi dan jaringan komputer di dunia maya. Dalam cyber warafre teknologi informasi sering digunakan sebagai alat dan instrumen untuk menyerang sistem komputer musuh. Bentuk dari cyber warfare ini juga dapat terdiri dari berbagai jenis, baik itu antar informasi personal, perusahaan mauan informasi secara global.

Di Indonesia pernah terjadi cyber warfare sebanyak dua kali. Yaitu ketika terjadi krisis di Timor-Timur sempat terjadi peperangan antara hacker indonesia dan australia. Serta ketika hubungan Indonesia dan Malaysia yang memanas karena masalah perbatasan. Beberapa situs pemerintah Malaysia sempat didevace oleh Hakcer Indonesia, dan dari Malayasia juga membalas dengan mendevace situs pemerintah daerah di Indonesia. Terdapat tiga jenis dari bentuk serangan terhadap sistem komputer. yaitu fisik, syntatic, dan semantic. Serangan fisik menggunakan senjata yang konvesional seperti bomb atau api. Sebuah serangan syntetic menggunakan software yang bertipe merusak sistem atau jaringan komputer atau yang sering disebut virus. Semantic attack melakukan pendekatan yang lebih berbahaya. Tujuannya adalah menyerang kepercayaan user dengan menyebabkan sistem komputer rusak sehingga dapat menghasilkan outputan yang salah.

Serangan sintatic sewaktu-waktu juga berada dibawah group yang sering disebut “malware software” atau “malware”. Serangan ini termasuk virus,worms, dan trojan horse. Salah satu kendaraan yang sering digunakan malware ini adalah email. Serangan Syntatic juga digunakan melalui Denial of Service (DOS) dan distributed denial of service(DDOS).

Dalam beberapa tahun terakhir terdapat cukup banyak kejahatan cyber yang terjadi. Ketika India dan Pakistan terlibat perselisihan masalah Kashmir. Maka akibat dari perselisihan tersebut juga merambat ke dunia maya ketika beberapa hackers yang mendukung pakistan secara berulang-ulang menyerang komputer-kompter di India. Dan jumlahnya pada akhir 2000 semakin bertambah dari tahun sebelumnya. Hacker yang mendukung pakistan ini menamakan diri mereka Pakistan Hackers Club. Dan selain menyerang India mereka juga menyerang web site milik Amerika Serikat. Salah satunya adalah web site yang dibuat oleh departemen energi (US Deparment of Energy) dan angkatan udara (US Air Force) milik Amerika Serikat. Selain itu konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina juga melibatkan dunia maya. Hal ini dimulai ketika beberapa remaja Israel meyerang komputer milik pejuang Palestina yaitu Hizbullah dan Hamas. Hackers palestina kemudian membalasnya dengan merusak website milik israel seperti departemen pertahanan , departemen luar negeri dan bank milik israel. Ketika NATO menyerang kosovo, maka serangan komputer jua dialami NATO. Sekitar 100 web server yang dimiliki NATO terkena seranagn ping saturation. Pada saat yang sama beberapa sweb site komersil dan militer Amerika Serikat juga dideface oleh hacker Rusia, China dan Serbia.

Begitu banyak kejahatan cyber yang terjadi di muka bumi ini, dan hal itu menyebabkan kerugian beberapa pihak di berbagai aspek, lalu bagaimana kita menyikapi problema tersebut??

Sebagai masyarakat awam, kita harus selalu menjaga diri agar terhindar dari kejahatan di dunia cyber, dan berjanji untuk tidak menjadi pelaku kejahatan tersebut. Dengan kemampuan yang kita miliki, harusnya kita bisa membangun sebuah negara yang berbasiskan ilmu pengetahuan yang berguna dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari – hari, bukan menjdai perusak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: